Bagi para pembaca yang mungkin pernah menggunakan layanan share hosting baik untuk website atau aplikasi dan mungkin pernah mengalami kendala ketika mengimport database yang ukurannya berskala 1Mb keatas ke server hosting, mungkin saat proses import muncul error session time out atau muncul peringatan error lainnya, hal ini dikarenakan karna ukuran database yang lumayan cukup besar, sehingga kita tidak bisa melakukan import database melalui phpmyadmin seperti biasanya seperti saat di komputer lokal.

Pada ulasan kali ini saya akan memberikan tips tentang cara mengupload database dengan ukuran besar ke server hosting anda. Untuk mengimport database dengan ukuran besar anda, anda dapat menggunakan script php yang dikembangkan oleh Alexey Ozerov yang bisa anda lihat download di http://www.ozerov.de/bigdump.php.

Cara penggunaan sangat simple, setelah mendownload file bigdump.php, buka file bigdump.php tadi menggunakan text editor anda kemudian cari kode berikut :

$db_server   = 'localhost';

$db_name     = '';

$db_username = '';

$db_password = '';

Untuk pengaturan db_server, db_name, db_username dan db_password, sesuaikan dengan koneksi database anda.

Setelah disesuaikan, upload file bigdump.php ke server hosting anda dan letakkan di folder public_html, kemudian panggil file bigdump.php tadi dengan cara ketikkan nama domain/bigdump.php pada url browser anda.  contoh http://www.contoh.com/bigdump.php, tunggu hingga proses import selesai.

Oke, sekarang database anda sudah selesai di import dan siap digunakan. Sekian tutorial singkat ini, dan semoga bermanfaat.