Demokrasi berasal dari bahasa yunani yaitu “demos” artinya rakyat dan kratos/kratein artinya pemerintahan.Jadi demokrasi bisa kita artikan sebagai pemerintahan dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat.yang artinya, pemerintahan dimana rakyat memegang peranan penting. Itulah pengertian demokrasi kalo kita lihat dari asal katanya.
      Bagi banyak orang, istilah demokrasi diartikan sebatas hanya sebagai demokrasi pemerintahan (governmental democracy).
         Sebenarnya pengertian demokrasi yang lebih luas, seperti misalnya yang pernah dirumuskan oleh institute democracy and electoral assistance mengandung makna adanya kesetaraan dan kendali oleh rakyat kebanyakan (popular control and quality).
        Unsur kunci dalam pengertian partisipasi ini bukan semata – mata melalui pemilihan umum saja, ia juga mengandung suatu system yang benar – benar menjamin terwujudnya semau hak – hak social dan ekonomi, selain hak – hak sipil dan politik serta pendidikan kewarga negaraan.didalamnya harus ada budaya partisipasi dimana rakyat membutuhkan sedikit kemampuan dan sumber daya untuk berperan.(steele,2002)
        Saat ini banyak orang bicara mengenai masalah demokrasi.tapi hanya sedikit yang mempraktekkannya.banyak orang yang menganjurkan perubahan, tetapi kurang jelas perubahan apa yang dimaksud.perubahan yang sipat personal? Apa perubahan institutional?yang jelas kebanyakan orang menginginkan perubahan institutional dengan kata lain, tebentuknya institusi atau lembaga – lebag demokratis.